Minggu, 29 Mei 2011

“The Guitar Hero” Tom Morello

Tom Morello

Pernah mendengar lagu “Chocise” yang dibawakan Audioslave? Jika anda pernah mendengarnya, anda pasti memperhatikan suara helikopter yang membuka lagu tersebut. Tahukah anda jika suara helikopter itu keluar dari gitar Tom Morello, gitaris Audioslave?

Thomas Baptist Morello lahir pada tanggal 30 Mei 1964. Ia adalah seoang gitaris pemenang Grammy-award yang dikenal menggawangi band Rage Against the Machine, Audioslave, dan sebagai musisi akustik The Nightwatchman. Ia berada di urutan ke-26 dalam daftar 100 Greatest Guitarists of All Time versi majalah Rolling Stone.

Pada tahun 1991, Tom ingin membentuk band baru setelah meninggalkan Lock Up. Saat itu, Ia bertemu dengan Zack de la Rocha dan terkesan dengan rap freestylenya, Ia memintanya untuk ikut ke dalam bandnya. Ia juga mengajak Brad Wilk, drummer yang dikenalnya saat masih manggung bersama Lock Up. Personil band itu akhirnya lengkap setelah Zack mengajak temannya, Tim Commerford untuk menjadi pemain bass. Setelah beberapa kali tampil di L. A. club circuit, band yang mereka namai Rage Against the Machine itu menandatangani kontrak rekaman dengan Epic Records tahun 1992. Di tahun yang sama, band tersebut merilis album debut mereka, Rage Against The Machine. Mereka meraih banyak sukses dan kemudian merilis tiga studio album lagi.

Tom Morello bersama Rage Against the Machine

Akhir tahun 2000, de la Rocha memutuskan untuk keluar dari band. Pada tanggal 13 September 2000, Rage Against the Machine menampilkan konser terakhir mereka di Grand Olympic Auditorium, Los Angeles, California. Setelah band tersebut bubar, album keempat mereka, Renegades, berisikan koleksi cover song dari musisi – musisi seperti Bob Dylan, MC5, Bruce Springsteen dan Cypress Hill. Pada tahun 2003 mereka merilis album terakhir yang berjudul Live at the Grand Olympic Auditorium.

Setelah de la Rocha meninggalkan Rage Against the Machine, sisa personil band mulai berkolaborasi dengan ex-vokalis Soundgarden, Chris Cornell. Mereka akhirnya membentuk grup band baru yang bernama The Civilian Project, namun akhirnya diganti dengan Audioslave sebelum mereka merilis album pertama.

Tom Morello bersama Chris Cornell


Tom Morello juga dikenal dengan musik folknya, Ia sering tampil dengan nama The Nightwatchman. Ia menjelaskan :

“Sebagai The Nightwatchman, aku telah menulis lagu dan memainkannya pada open mic dengan teman untuk beberapa waktu. Ini kali pertamanya aku melakukan tour. Ketika aku tampil di open mic, aku diumumkan sebagai The Nightwatchman. Disana akan ada anak – anak yang merupakan penggemar dari permainan gitar listrikku.”

Morello terkenal dengan style permainan gitarnya, yang mengawinkan riff heavy metal dan punk serta suara gitar yang terinspirasi dari musik hip hop. Permainan gitarnya juga khas dengan penggunaan efek gitar, seperti delay, modulation, wah, harmonizers, distortion, feedback dan lain – lain yang dikombinasikan secara unik. Perangkat efek yang paling dikenal adalah Digitech Whammy, yang membantunya menghasilkan berbagai suara.
abelhead is offline
Tom Morello Gitaris Jenius

Tom Morello



Gambar Settingan efek Tom Morello(audioslave)



Kalian pasti tau kan tom morrello, gitarisnya ratm dulu dan sekarang udah ganti band ke audio slave. ni ku kasih foto susunan pedal efek gitarnya eksklusif!!!


Amplifiers & effects


* Marshall JCM800 2205 (50-watt)'
* Peavey 4x12 Cabinet

Pedalboard:


* DigiTech Whammy WH-1: The original red harmonizer/octave pedal "for making Pterodactyl noises". Most Famously heard on the songs "Killing in the Name", "Know Your Enemy", "Like a Stone", and "Renegades of Funk".[29]
* DOD FX40b Equalizer: Set flat, only used as a boost for solos, such as in "Bulls on Parade" and "Sleep now in the Fire".
* Jim Dunlop Crybaby Wah: Morello owns several of these but claims only one gives him the right midrange sound he wants.
* BOSS DD-2 Digital Delay: A discontinued Digital Delay pedal that can still be found in the form of the DD-3. Used in "Cochise" to create the helicopter and siren effects.[30]
* BOSS TR-2 Tremolo: Used in the songs "Guerilla Radio" , "Gasoline", and "Like a Stone".
* MXR Block Phase 90 Phaser: Replaced the Ibanez DFL after Audioslave's inception. Heard on "The Worm, "Somedays", "Getaway Car", and "Show Me How To Live".
* Ibanez DFL Flanger: A rare digital flanger from the 80's, which has been replaced with an MXR Phase 90 since Audioslave. It can be heard in the intro to "Killing in the Name", in the bridge to "Guerrilla Radio", and also in the main riffs of "Wake Up", and "Wind Below.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar